Mudik naik motor? Hati-hati dengan mobil ini sewaktu nyalip.

#mudik naik motorPernah mudik naik motor Brosis? Yup, untuk sebagian rider yang suka melakukan perjalanan jauh alias touring keluar kota mudik adalah kesempatan yang ditunggu-tunggu. Bagi mereka yang suka touring ini mudik dengan mengendarai sebuah motor mempunyai suasana dan keasyikan tersendiri. Akan tetapi menjelang Lebaran biasanya lalu lintas semakin ramai karenanya kita perlu berhati-hati terutama sewaktu menyalip kendaraan di depan. Selain kendaraan umum ada beberapa kendaraan yang perlu diwaspadai terutama ketika menyalip.

Pertama mobil yg perlu kita waspadai ketika menyalip yaitu mobil truk, mobil truk yg biasanya berasap tebal bikin rider dibelakang mobil truk gak betah berlama-lama, selain itu jalannya lelet karena berat ngangkut barang bikin greget pengen nyalip.

kaskus_DSCN0124Seperti yang pernah MB alami sendiri sewaktu nyalip mobil truk yang sedang melaju dengan kecepatan kurang lebih 40 Kmph, Jalan di depan termasuk kecil hanya cukup untuk 2 mobil truk bersinggungan dan selain itu banyak juga kendaraan didepan melaju berlawanan arah membuat MB sulit untuk menyalip. Setelah beberapa saat, didepan jalan hanya terlihat sebuah mobil yang melaju berlawanan arah kurang lebih jaraknya 10 meter, kesempatan ini tidak disia-siakan MB untuk menyalip dari sebelah kanan mobil truk. Akan tetapi diluar perkiraan ternyata truk yang MB salip itu ternyata truk gandengan, serba salah mundur gak bisa maju pun telat karena mobil didepan sudah semakin dekat. Akibatnya MB terpaksa nyempil ditengah sambungan antara bak depan dan belakang mobil tuk gandengan tsb(jangan ditiru), untungnya setelah itu mobil didepan itu lewat hanya ada beberapa motor sehingga MB bisa menyalip truk gandengan.

skyscrapercitycom

Selain kejadian tadi ada juga kejadian lain yang hampir mirip. Kejadiannya sewaktu mudik lewat jalan menurun (sebelum Cadas pangeran & setelah Tanjungsari Sumedang) MB menyalip sebuah mobil minibus disebelah kanan jalan, tanggung MB pun berniat menyalip mobil sedan yang berada didepan mobil minibus. terlihat semacam mobil Jeep dari arah berlawanan. Jalanan menurun lumayan tajam, diperkirakan MB masih bisa menyalip mobil sedan sebelum mobil Jeep mendekat dan akhirnya MB pun memutuskan untuk menyalip mobil sedan. Namun perkiraan MB meleset, walaupun menanjak mobil Jeep itu mampu melaju dengan cepat dan tidak terlihat menurunkan kecepatannya. Akibatnya MB tekor ada ditengah-tengah disamping dekat pintu mobil sedan, untung mobil sedan disamping mau mengalah sedikit menyamping dan MB pun selamat.

Selidik punya selidik ternyata mobil Jeep yang MB lihat itu kemungkinan mobil yang mempunyai kapasitas 3000cc atau lebih, Merk mobil 3000cc di Indonesia ternyata banyak contohnya seperti : Mitsubishi Pajero, Land Rover/Range Rover, Dodge, Jeep Wrangler, etc. Gak aneh.. pantas mobil jenis ini mampu berakselerasi dan melibas tanjakan dengan mudah.

gambarotomotifnetcom4589604_20121206042758dodge 3000cc Dari kejadian ini bisa kita ambil pelajaran ternyata di jalanan terkadang kita lupa dan kurang berhati-hati. Ternyata tidak ada salahnya istilah alon-alon asal kelakon biar lambat asal selamat, ingatlah keluarga menunggu dirumah sewaktu mudik & yang tak kalah penting berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

`

`

`

`

Pic Sources: pikiranrakyatonline.com, skyscrapercity.com, gambarotomotifnet.com, Kaskus.co.id.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s