Modif Yamaha R15 anti nungging, buritan turun 4,5 cm.

yamaha r15 nungging

 

Seperti photo di atas banyak orang merasa gak sreg dengan buritan Yamaha R15 yang terlalu nungging. Selain itu pemilik Yamaha R15 ada juga yang berpendapat bila desain Yamaha R15 terlalu racy hingga mengurangi kenyamanan pengendara saat melakukan perjalanan jauh. Walaupun gitu ternyata ada juga pemilik Yamaha R15 yang memodifikasi Yamaha R15 ini agar tidak terlalu nungging, caranya…

conrod vixion r15

 

Salah satu cara agar buritan Yamaha R15 ini tidak terlalu nungging adalah dengan mengganti connecting rod (Conrod) di bagian suspensi belakang Yamaha R15 dengan ukuran yang lebih panjang di bagian atasnya.
conrod vixion setelah terpasang

Hanya ilustrasi, pakai conrod ceper vixion

conrod r15 olx

 

Memang banyak conrod semacam (conrod ceper) yang beredar di pasaran untuk Yamaha R15 seperti photo di atas namun yang perlu diperhatikan adalah kualitas materialnya. Atau bagusnya bikin pesan di tukang bubut dengan material yang lebih bagus dan lebih tebal, contohnya seperti pemilik Yamaha R15 ini. Menurutnya buritan Yamaha R15 miliknya ini turun sekitar 4.5 cm setelah ganti conrod costum.

conrod bubut r15 conrod bubut

 

Untuk menyesuakan bagian belakang yang sudah ceper shock depan juga diturunkan sekitar 1.5 cm, hasilnya buritan Yamaha R15  pun nampak tidak terlalu nungging namun tetap racy :

hasil modif conrod r15

 

Oiya, hati – hati jangan terlalu ceper juga karena besi footstep belakang bisa jadi menyentuh swing arm, karenanya untuk memodifikasi conrod ini harus betul – betul ditangani oleh bengkel modifikasi yang berpengalaman.

 

 

 

 

Image credit & referensi :

-https://m.facebook.com/groups/660719313966873

Iklan

52 pemikiran pada “Modif Yamaha R15 anti nungging, buritan turun 4,5 cm.

  1. Ping balik: Tampil beda, modifikasi simpel lampu depan Yamaha R15 dengan scotlite. | MOTORBLITZ

  2. misi mau nanya, saya mau nurunin buritan r 15 agar tidak terlalu nungging. batas aman berapa cm ya, krana bobot saya sekitar 70 kg, istriku 60. jadi buat boncengan agar tidak nabrak armnya.

    Suka

    • Maksudnya nabrak arm dengan dudukan footstep belakang? Kl saran saya kalo masih baru mending jangan dulu, minimal tunggu 1 tahun biasanya karena pemakaian shockbreaker melemah & bisa jadi buritan turun dengan sendirinya.

      Suka

  3. di bengkel yamaha bisa turun 4cm gak perlu ganti conrod
    cuma main tukar2 lubang conrod dan shock, mekaniknya pasti udh ngerti kok
    punya sy turun 4cm belakang jadi depan diturunin 2cm, alhasil motor jd ceper dan keliatan berisi

    Suka

  4. Ping balik: Solusi terbaik modifikasi Yamaha R15 supaya tidak terlalu nungging. | MOTORBLITZ

      • Kang mau tanya, r15 ane jatuh beserta orangnya haha nah fairing pada pecah beserta body buritannya. Nah kira” estimasi harga untuk fairing ori berapaa yah? Dan dimana sy harus dapat?
        Nah misalkan yang custom kira”kena berapa yah ? Mohon info nya

        Suka

      • Sekitar 1,8jt, cari dealer Yamaha yang paling besar & langsung aj pesan & pasang di dealer. Kalo yang custom ga recommended bisa jadi lebih mahal karena dudukan lampu & lainnya dirubah & harus diganti juga.

        Suka

  5. Ma’af gan mau nanya r15 ane tak kasih lowering kit beli di dealer yamaha hrg 300rb tp forstep belakang kena swim arm, gmn gan solusiny biar lowerin tetep tp forstep gx kena swim arm?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s