Review busi iridium harga 30 ribuan.

busi sdg iridium

 

Setiap orang pasti pingin performa mesin motornya lebih baik dari pada sebelumnya. Caranya macam-macam, dari ganti bahan bakar dan oli yang lebih baik sampai dengan memodifikasi mesin motornya. Nah Bro sis dalam hal modifikasi mesin ini, biasanya cara yang paling mudah adalah dengan mengganti busi standar dengan busi tipe platinum atau busi iridium.

Tidak aneh memang sampai sekarang ini busi iridium ini banyak diburu walaupun jarang bisa ditemui di toko-toko. Busi iridium ini disinyalir dapat membuat pembakaran BBM di dalam mesin lebih sempurna, karena pembakaran lebih sempurna maka power mesin motor akan bertambah dan konsumsi BBM pun lebih irit. Walaupun pada kenyataannya mungkin naiknya power mesin tidak seberapa atau mungkin hanya sugesti, namun yang MB rasakan sendiri ada sedikit sedikit perbaikan dalam performa mesin. Dengan kata lain penggunaan busi iridium ini cocok-cocokan mirip dengan penggunaan oli atau BBM.

busi iridium

Sebenarnya awalnya hanya coba-coba dan karena susah untuk mendapatkan busi iridium merk NGK atau Denso akhirnya MB pilih busi SDG iridium tipe SD8EIR seharga 30 ribu. Setelah dicoba memang ada perbaikan dalam akselerasi dan terutama suara mesin yang lebih halus setelah memakai busi tipe iridium ini. Setelah 3 bulan pakai performa masih tetap seperti pertama kali, namun terus terang timbul rasa khawatir, karena harganya murah siapa tau ujung besi di busi SDG Iridium ini potong terus kena dinding silinder?

Akhirnya setelah 3 bulan lebih busi SDG iridium ini MB periksa :

busi iridium setelah pakai 3 bulan

 

Dari photo di atas terlihat ujung besi kecil di tengah busi agak bengkok sedikit ke kiri. MB lanjutkan pemakaian busi ini sampai sekitar 4 bulan dalam performa pun masih tetap sama, setelah memasuki masa pemakaian sekitar 5 bulan baru tarikan mesin terasa lebih berat.

Untuk perbandingan antara busi SDG iridium yang baru dan Busi SDG iridium setelah pemakaian Bro & Sis bisa lihat photo di bawah ini :

busi iridium setelah pakai 2 busi iridium setelah pakai

 

Kesimpulan busi SDG iridum yang konon berasal dari Thailand ini dalam performa mesin cukup lumayan atas bawah nendang, namun untuk durability sepertinya hanya tahan sampai 4-5 bulan. Karenanya kalau memang Bro & Sis ingin menggunakan busi tipe iridium baiknya gunakan busi yang lebih bagus.

Last agar lebih jelas dan mudah Bro & Sis bisa lihat daftar tipe busi iridium merk Denso dan NGK di bawah ini:

daftar tipe busi iridium motor2b

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s