Yamaha Scorpio nantinya bakal diubah menjadi motor sport fairing?

yamaha scorpio x (2)

Jika Bro & Sis perhatikan beberapa bulan yang lalu Yamaha Indonesia telah mengeluarkan dua buah motor sport jenis baru yaitu Yamaha R25 dan MT-25. Selain itu Yamaha juga telah meng-update Yamaha Vixion Ligtning dan mengeluarkan New Yamaha Vixion Advance. Namun bukan hanya itu, Yamaha Byson juga sudah di-update menjadi Byson bermesin injeksi yang kemungkinan akan rilis dalam waktu dekat ini. Dengan keluarnya produk-produk baru di atas tadi tentunya menyisakan pertanyaan, bagaimana dengan produk motor sport yang lain yaitu Yamaha Scorpio Z?

new byson fi 2015

Sedikit flashback, kurang lebih setahun yang lalu Yamaha Scorpio Z ini sempat digosipkan discontinue karena kurang peminatnya atau penjualannya, namun beberapa bulan kemudian hal ini di tepis oleh pihak Yamaha karena sebenarnya Yamaha Scorpio Z masih ada peminatnya, di MB sendiri tercatat untuk bulan oktober tahun lalu Yamaha Scorpio Z terjual sekitar 272 unit.

Total penjualan sport Yamaha Oktober 2014

 

IMHO masih soal penjualan, Yamaha Scorpio Z sepertinya kurang sekali disosialisasikan atau dipromosikan, akibatnya tidak banyak orang yang mengenal Yamaha Scorpio Z. Terpantau dari beberapa dealer jarang sekali memajang Yamaha Scorpio Z bahkan di brosur jarang menawarkan Yamaha Scorpio Z.

produk motor yamaha produk motor-motor yamaha

 

Hal ini berbanding terbalik dengan yang ada di situs Yamaha Indonesia, Yamaha Scorpio Z ini masih tetap dipajang.

yamaha motorsport

 

Dan satu hal yang menarik dari gambar di atas, Yamaha Scorpio Z disandingkan dengan Yamaha R25 dan R15 yang berjenis motor sport fairing. Berbeda dengan Yamaha MT-25, New Vixion Advance, dan Byson yang ada di jenis motor NakedBike.

Yamaha nakedbike (2)

 

Lalu apa pendapat dari pihak Yamaha mengenai Yamaha Scorpio Z sekarang ini? Dari pihak Yamaha sendiri pernah mengatakan bahwa saat ini Yamaha sudah memiliki motor jenis SportNaked “entry level” yaitu New Vixion Advance dan Byson, sedangkan di “up level” Yamaha memiliki MT-25. Namun saat ini Yamaha masih belum memilliki motor jenis SportNaked “mid level” dengan harga 25-30jt, karenanya Yamaha sekarang ini berencana mengeluarkan sebuah motor jenis SportNaked “mid level” dan sampai saat ini motor ini belum selesai dikerjakan.

Pendapat yang hampir sama pun diungkapkan oleh M. Masykur (Assisten GM Marketing YIMM), menurutnya bulan Agustus 2015 Yamaha Scorpio Z terbentur oleh regulasi EURO 3, sedangkan mesin Yamaha Scorpio Z masih menggunakan teknologi 80-an dan butuh waktu untuk di-upgrade dengan teknologi terbaru. Walaupun begitu dengan majunya teknologi dan semakin tajamnya persaingan semoga saja proses pengembangan Yamaha Scorpio Z bisa lebih dipercepat.

scorpio

 

Ngomong-ngomong tentang persaingan dilihat dari produk-produk motor sport Yamaha sekarang ini sepertinya sedang bersaing dengan produk-produk motor sport Kawasaki, apa mungkin Yamaha Scorpio nantinya bakal dirubah menjadi motor sport fairing juga nakedbike seperti Ninja RR mono dan Z250SL?? Terus terang MB sendiri belum berani memprediksi karena memang Yamaha Scorpio ini masih penuh Misteri.

 

 

 

 

Image credit & referensi tulisan :
-http://www.yamaha-motor.co.id
-http://iwanbanaran.com/2015/06/07/apakah-yamaha-mt25-untuk-menggantikan-scorpio-berikut-jawaban-yamaha/
-http://motor.otomotifnet.com/read/2015/05/12/357993/28/8/Penerus-Yamaha-Scorpio-Tunggu-Tanggal-Mainnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s