Memperbaiki roda belakang motor geal-geol, oleng, goyang tidak stabil.

lengan ayun swing arm as bos main

 

Bro & Sis, di artikel yang lalu kita sudah mengetahui apa penyebab roda belakang motor geal-geol, oleng, goyang tidak stabil. Di artikel yang lalu juga ternyata ada dua masalah yaitu bos swing arm yang terkikis di sekitar tumpuan bearing/laher dan pelindung atau selongsong bagian luar bearing bambu masih melekat tertinggal di swing arm. Nah kira-kira bagaimana caranya memperbaikinya? lalu apa ada solusi termurah untuk memperbaiki roda belakang motor oleng ini??

Bos arm terkikis

bearing bambu2

Selongsong bagian luar bearing masih tertinggal.

 

 

Pertama-tama kita bahas dulu masalah selongsong bagian luar bearing masih tertinggal ini Bro & Sis. Pengalaman digetok langsung dengan obeng panjang atau bos arm, selongsong bearing tetap tidak mau keluar padahal sudah dilumuri oli semprot WD40. Penyebabnya karena sewaktu digetok ujung obeng atau bos arm dominan keluar lewat lubang tengah arm, kalau bahasa sundanya sih namanya lesot deui..lesot deui Bro Sis..

Solusinya masih menggunakan bos arm namun bagian bawah arm ditahan seperti gambar di bawah supaya gak licin, tahan bos arm agar tepat di pinggir selongsong bearing/laher. Tahan satu-persatu seperti arah mata angin lalu digetok pelan-pelan satu-persatu sisinya sampai keluar. Supaya jari atau bagian atas bos arm tidak luka atau tidak rusak beri dulu kain lap.

cara bering arm lepas

 

Selelah keluar nantinya seperti ini :

pinggir bearing laher keluarlapisan luar bearing rusak

 

Bawa selongsong bearing dan bos arm ke toko onderdil motor sebagai contoh untuk membeli bearing bambu baru. Harga bearing bambu contohnya untuk Vixion kurang lebih 32ribu. BTW selain bearing bambu ada juga motor yang tidak menggunakan bearing bambu atau hanya karet yang terbuat dari bahan khusus, misalnya Honda Tiger, Yamaha F1ZR, atau Force 1. BTW karena ingin cari solusi lain MB coba bearing bambu ini diganti dengan jenis karet milik F1ZR yang katanya sih bisa lebih awet dan lebih tahan air. Setelah MB ke toko onderdil motor MB ditawari bos karet F1ZR yang ori dan yang lokal, untuk yang ori bentuknya seperti ini :

Jpeg

 

Bos karet F1ZR original ini besi di tengahnya dan bagian paling luarnya itu menyatu dengan karet di tengahnya, jadi tidak bisa dipisah.

Untuk yang lokal seperti ini :

Bos karet arm f1zrkaret plastik lengan ayun swing arm as bos

 

Bos karet F1ZR versi lokal besi di tengahnya bisa dipisah dengan karetnya dan besi tengahnya itu sama ukurannya dengan bos swing arm (besi panjang gambar atas). O iya, baik ori maupun lokal satu bungkus (1 paket) terdiri dari dua buah, yang ori sekitar 25rb dan yang lokal 15rb.

Sayangnya untuk mengganti bearing bambu dengan karet bos arm ori ini tidak bisa langsung dipasang plek harus ada yang dirubah.

lengan ayun swing arm as bos

 

Seperti yang terlihat di gambar atas bos karet F1ZR yang original ukurannya lebih panjang dari bearing bambu dan untuk memasangnya, mau gak mau harus di potong sesuai dengan panjang bearing bambu atau dikikis (dibubut) sebagian di tengahnya. Kalau dipaksakan pastinya tidak akan masuk karena ada pembatas di dalam lubang arm :

boss arm3

 

Pemasangan bos karet F1ZR versi lokal juga sama harus dipotong atau dikikis sebagian agar bisa masuk ke lubang swing arm.

karet lengan ayun swing arm as bos

 

Gimana Bro & Sis udah ada gambaran belum..? Dari penjelasan di atas sepertinya ada 4 solusi :

1. Mengganti bearing bambu yang rusak dengan yang baru dengan tipe sama.

2. Mengganti bearing bambu yang rusak dengan 2 buah bearing yang panjangnya lebih pendek dengan bearing bambu, katanya sih lebih awet.

3. Mengganti bearing bambu yang rusak dengan karet bos arm (F1ZR) tipe original dengan di potong sesuai dengan panjang bearing bambu atau dikikis (dibubut) sebagian di tengahnya.

4. Mengganti bearing bambu yang rusak dengan karet bos arm (F1ZR) tipe lokal dengan di potong sesuai dengan panjang bearing bambu atau dikikis sebagian di tengahnya.

 

Nah karena alasan yang paling murah dan gampang MB ganti bearing bambu yang rusak dengan karet bos arm (F1ZR) tipe lokal dulu, kira siapkan alat-alatnya yaitu gunting, kikir, ampelas, dan cutter :

alat alat

 

Potong pinggir karet bos arm :

karet lengan ayun swing arm as bos (2)

 

Haluskan dengan kikir atau ampelas seperti ini :

lengan ayun swing arm as bos karet

 

Tandai yang akan karet bos arm yang akan dipotong atau dikikis :

bearing laher lengan ayun swing arm as bos

 

Kikis dengan cutter dan hasilnya seperti ini :karet bosh

 

Sekarang tinggal pasang di lubang swing arm :

karet lengan ayun swing arm as bos pasang

 

Sedangkan bearing bambu yang satunya lagi masih belum diganti karena dilihat masih bagus hanya sedikit karat yang bisa dibersihkan dengan WD40, jadi yang diganti hanya bearing bambu yang dekat rantai saja Bro & Sis.

laher arm

 

Bagaimana dengan bos arm yang terkikis?

Karena hari sudah mulai gelap MB tambal dan dilem juga dihaluskan dulu seperti ini :

lengan ayun swing arm as bos rusaktambal lengan ayun swing arm as bos

 

Sekarang tinggal pasang bos arm di tengah swing arm yang sudah dipasang karet bos arm tadi. Setelah 2 bulan dipasang hasilnya lumayan gejala arm oblak yang mengakibatkan motor terasa oleng hilang. Mungkin solusi seperti ini bukan yang terbaik dan sedikit akal-akalan, baiknya bisa gunakan poin 3 seperti yang telah diungkapkan di atas tapi agak sedikit repot juga karena harus dibubut. Kebetulan setelah ngintip-ngintip di forum ada contoh karet bos arm yang sudah dibubut, ada juga penjual yang menawarkan bos arm seperti ini :

bos arm setelah dibubutbos arm alternatif

 

 

Giman Bro Sis, punya pengalaman atau alternatif part untuk memperbaiki arm jenis motor lain?

Iklan

12 pemikiran pada “Memperbaiki roda belakang motor geal-geol, oleng, goyang tidak stabil.

  1. Ping balik: Penyebab Yamaha Scorpio ambles lagi ambles lagi.. | MOTORBLITZ

  2. mau nanya nih om.. sya sudah ganti 1 set bos fork.. tp motor masih berasa goyang-goyang.. udh dicoba ngurangin angin ban / nambah jg sma aja ..
    minta solusii nya ya om..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s