Penampakan ban benjol-benjol, apa penyebabnya?

ban benjol

Membeli ban baru gress dari toko ternyata belum tentu dalam kondisi baik Bro & Sis, terkadang baru saja ban diganti dengan ban baru ternyata baru beberapa minggu ban sudah sudah rusak. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli ban baru.

Yang pertama tipe ban, biasanya di pasaran ada tiga yaitu ban tipe hard, medium, dan soft. Ban tipe hard menggunakan bahan karet dan anyaman benang nylon atau rangka kawat baja yang lebih keras sehingga lebih kuat untuk medan ekstrim. Sedangkan ban tipe soft menggunakan bahan karet dan rangka kawat baja atau hanya anyaman benang nylon yang lebih lunak, sehingga ban tipe soft hanya cocok di jalanan beraspal dan tidak cocok untuk medan ekstrim. Karenanya ban tipe soft juga mudah rusak bahkan benjol-benjol karena kawat atau anyaman benang nylon banyak yang putus jika mendapat tekanan keras, seperti melewati jalan rusak berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan lebih dari 70kmph. Ciri ban tipe soft ini biasanya memiliki kembang ban atau pattern yang lebih sedikit dibandingkan ban tipe hard.

fdr soft

Ban tipe soft

 

Ban cepat rusak dan benjol-benjol dengan jarak pemakaian hanya beberapa bulan juga bisa disebabkan ban tersebut sudah expired atau kadaluarsa. Walaupun tidak digunakan ban biasanya hanya bisa bertahan sekitar 5 tahun, untuk mengetahui masa kadaluwarsa ini Bro & Sis bisa lihat 4 angka yang tertera di setiap ban, contohnya seperti ini :
penunjuk kadaluarsa ban

 

Artinya 2 angka dari depan adalah banyaknya minggu dan dua angka selanjutnya menunjukkan tahun pembuatan. Seperti yang terlihat di gambar atas di ban tersebut tertera angka 3015, artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke 30 di tahun 2015. Satu bulan 4 minggu jadi 30 dibagi 4 hasilnya 7.5, dengan kata lain ban tersebut selesai dibuat pada pertengahan bulan Agustus 2015. Nah coba tebak kapan ban di gambar di bawah ini selesai dibuat? :

 

Yup bener Bro & Sis, ban tersebut selesai dibuat pada minggu kedua bulan Juli 2015.

Last selain merk perhatikan tipe ban dan waktu kadaluarsanya ketika Bro & Sis ingin mengganti dan membeli ban, kalau salah beli bisa jadi ban benjol-benjol seperti ini :

ban benjol (2)ban buntingban mobil benjolban benjol

ban depan motor benjol 2 ban motor benjol 2 ban motor benjol ban mobil benjol2

Iklan

7 pemikiran pada “Penampakan ban benjol-benjol, apa penyebabnya?

  1. Ping balik: Review velg Axio, ban FDR Blaze, dan Zeneos ZN 62 kok gini ya.. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s