Cara pengeleman yang baik.

Pernah ga brosis lihat cara tukang tambal ban sepeda menambal ban? jadi inget dulu TP lagi kecil sehari-hari sekolah & main selalu naik sepeda, karenanya sering banget mampir ke tukang tambal ban gara2 ban sepeda sering bocor.

20130127_Tukang_Tambal_Ban_Laris_1699

Cara tukang tambal ban sepeda menambal ban itu biasanya setelah lubang ban yg bocor ketemu, tukang tambal ban menggosok  bagian sekitar yang bocor dengan parutan khusus (yg terbuat dari seng dilubangi  dengan paku), dia juga menggosok juga potongan kecil bekas ban dalam. Setelah keduanya dirasa cukup kasar, selanjutnya diolesi dengan lem. lem yg digunakan biasanya lem castol atau lem fox kuning.

castol fo kaleng fox

Tunggu beberapa menit & setelah beberapa menit rekatkan keduanya lalu diketuk2 dengan palu kayu.

Nah.. bagaimana jika media yg kita tambal atau kita sambung adalah plastik? Caranya hampir sama, misalnya kita ingin meletakan plat plastik diatas lingkaran seperti gambar:

20140128_175507d

Maka pertama-tama kita kasarkan dulu kedua plastik dengan paku, jika ujung paku terlalu tumpul potong sedikit ujung paku dengan tang, plastik digurat-gurat dengan paku atau bisa juga dengan ampelas yg paling kasar hingga berbentuk seperti ini:

20140128_175822

kasarkan juga bagian dalam lingkaran, oleskan permukaan plat dan lingkaran dengan lem dan tunggu 2-5 menit tergantung banyaknya lem yang kita oleskan tsb. setelah itu tempelkan plat di ujung lingkaran. Selanjutnya buat plat siku penghubung di sisi2 lingkaran, cara membengkokan bisa dengan cara dipanaskan dengan korek gas, kasarkan dulu permukaannya dengan paku. Terakhir oleskan plat siku, pingir lingkaran, dan plat bagian bawah dengan lem, tunggu beberapa menit dan tempelkan plat siku didalam lingkaran seperti ini:

20140129_100011

Selain membuat sesuatu seperti diatas kita juga bisa me-lem bagian motor yg rusak misalnya spakbor atau bodi motor yg pecah dengan cara ini, contohnya misalnya seperti ini:

e cover2m

kasarkan dengan paku bagian yg mau ditambal seperti ini:

e cover2ms

Untuk menambal kita perlu membuat kotak yg terbuat dari plastik seukuran dengan guratan di body, kasarkan salah satu permukaannya dengan paku:

Untitled-3

oleskan guratan body & kotak tadi dengan lem setelah kering beberapa menit rekatkan keduanya:

e cover2mffs

terakhir teteskan lem superglue dipinggir kotak kecil tersebut agar lebih tahan air.

Nah untuk pengeleman menggunakan superglue ada trik rahasia ni brosis, jangan bilang siapa2 ya.. Misalnya untuk menambal body yg pecah tadi. caranya seperti biasa, buat guratan disekitar garis yg retak seperti ini:

e cover2alteco

Setelah itu cari busa puntung rokok dan belah puntung rokok kecil2 hingga berbentuk serabut kecil. bubuhkan serabut tersebut tersebut disekitar garis yang retak:

e cover2alteco2

setelah itu teteskan lem superglue diatas serabut puntung seluruhnya, sambil ditekan2 serabut tersebut supaya padat, hati2 nanti keluar asap & kalau kena mata perih. Setelah beberapa menit serabut puntung tersebut mengeras dan melekat dengan kuat banget. coba aja patahin nanti yg patah bukan dari sambungan, tapi bagian body yg lain. kalo ga percaya coba aja.. 🙂

~

~

~

~

Note:

-photo tukang tambal ban diambil dari tribunnews.com/metropolitan/2014/01/11/usaha-tambal-ban-harus-pakai-izin

-photo lem dari indonetwork.co.id

Iklan

2 pemikiran pada “Cara pengeleman yang baik.

  1. Ping balik: Share, membuat cover engine/undercowl motor dengan pipa paralon/PVC | THEPIOZ

  2. Ping balik: Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 2) | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s