Shockbreaker gas, polisi tidur pun dilibas! (1)

Ni pengalaman yang TP alami sndiri bro sis.. Hujan gerimis dibonceng Suzuki Satria pake ban cacing lewat komplek perumahan dengan kecepatan kira-kira antara 60-70 kmph, motornya kaya gini :

Gambar

 

Tiba2 didepan ada polisi tidur yang lumayan tinggi, dalam hati pasti ni motor oleng atau velg bengkok. tapi setelah lewat polisi tidur.. Plessss…. ga kerasa apa-apa bro sis. Lewat jalan rusak berkerikil juga motor adem ayem, lewat polisi tidur kedua ketiga kesepuluh tetep plesss… plesss….edun pisan ni motor.. Setelah sampai gapura depan perumahan TP turun pensiun jadi boncenger, sewaktu ngeloyor pergi sekilas lihat deket shockbreaker belakang satria ada tabung. Cari-cari informasi tentang shockbreaker tabung ini biasanya isinya gas nitrogen, katanya sih suhunya lebih stabil. Tipe shockbreaker dengan tabung gas tambahan atau bisa juga disebut shockbreaker with sub tank ini selain berisi gas ada juga yang berisi gas & oli, Tipe shockbreaker tabung dengan gabungan gas & oli ini disebut double action. Jadi oli dalam shockbreaker ini meredam ketika motor lewat jalan yang tidak terlalu bergelombang :

Gambar

 

Dengan perbandingan yang pas antara tekanan oli dan pegas yang soft bikin body motor anteng karena yang bergerak turun naik hanya rodanya saja. sayangnya pegas yang soft ketika melewati jalan yang sangat bergelombang seperti polisi tidur membuat skockbreaker cepat mentok, nah.. untuk meredam gaya pantul dari pegas shockbraker yang berasal dari jalan yang sangat bergelombang perlu ditambah gas bertekanan tinggi yang ada di sub tank. Efeknya gaya pantulnya lebih shoft:

Gambar

 

O iya.. maksud gaya pantul disini bisa kita ibaratkan seperti bola bekel atau bola karet yang dijatuhkan di lantai, sebelum bola berhenti diam pastinya memantul keatas kebawah beberapa kali. kebayang dong kalau shockbreaker gak dikasih peredam pasti mental-mentul dulu kaya gini :mrgreen: :

Gambar

 

Tapi dengan pengalaman jadi boncenger rider satria (temennya temennya TP) ini bikin TP berfikir, gak selamanya memodifikasi motor itu jadi kurang safety daripada motor standar. gak semuanya ganti knalpot racing bikin rusuh, asal diganti dengan knalpot yg mumpuni untuk performa & DBkiller yg tetap dipasang. gak semuanya juga ganti ban cacing bikin ban licin dari ban motor standar asal diikuti dengan ganti ban yang lebih bagus mutunya, tapi tetep aja ban gede lebih lengket di aspal daripada ban kecil kalau sama-sama diganti dengan ban yang lebih bagus mutunya.. razz

Diartikel selanjutnya nanti akan coba TP jelaskan bagaimana shockbreaker tabung ini bekerja… wink

Berkembung…

`

`

`

`

Notes:

-Beberapa gambar dibuat dengan animasi GIF, gunakan komputer atau gadget yang internet browsernya menunjang animasi GIF untuk menampilkan animasi.

-Salah satu gambar diambil dari bikepics.com

 

Iklan

2 pemikiran pada “Shockbreaker gas, polisi tidur pun dilibas! (1)

  1. Ping balik: Shockbreaker gas, polisi tidur pun dilibas! (2) | THEPIOZ

  2. Ping balik: Yamaha RXZ – RZR Indonesia standar dan modifikasi. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s