Yamaha Jupiter Z1 Fi bebek irit larinya ngibrit..

Yamaha Jupiter Z1 fi

 

Selain Tiger dan Blitz ada satu lagi motor yang nangkring di tempat tinggal MB yaitu Yamaha Jupiter Z1 injeksi, motor yang masih berumur beberapa bulan ini menggantikan Yamaha Vega R yang sudah berumur hampir 5 tahun. Yamaha Vega R ini dulu dipakai sebagai kendaraan untuk kegiatan sehari-hari keluarga atau kalau ditempat MB sih namanya motor udar-ider karena sering dipinjam orang lain, angkut belanjaan, angkut pasir juga pernah..

Sebenarnya sih sempat kecewa terutama adik MB yang bungsu cwe dari dulu dia ngebet motor Honda Beat. Kalau ditanya MB sendiri juga sebenarnya ngebet motor matic tapi maunya Honda Vario CBS 125, Lampu belakangnya menurut MB inovatif, lampu sein nyambung dengan spakbor belakang juga unik.

lampu rem vario cbs 125

 

Banyak maunya nih.. tapi mau gimana lagi, apa yang diharapkan kadang beda dengan kenyataan. Pengen matic yang nongol moped lagi alias motor bebek, pertama lihat Yamaha Jupiter Z1 Fi dalam hati MB ngomong pasti rasanya sama kaya Vega R. Kebiasaan MB tiap liat motor dual shockbreaker pasti lihat tutup rantai dulu & ternyata benar ada coakan diantara shockbreakernya.

tutup rantai Yamaha Jupiter Z1 Fi

Ya.. gak salah sih, tapi melihat tutup rantai bentuk seperti ini kesannya seperti melihat tiang listrik ditengah trotoar. Memang banyak juga motor lain berbeda merk dengan bentuk tutup rantai serupa, namun belum pernah MB temui di Vega R.

Selain itu jika motor diparkir dengan memakai standar samping & dilihat dari samping kanan depan motor, terlihat bentuk bagian bawah Headlamp yang kurang rata :

headlamp Yamaha Jupiter Z1 Fi

 

Secara keseluruhan body Yamaha Jupiter Z1 Fi lumayanlah sporty.

Yamaha Jupiter Z1 Fi 1 Yamaha Jupiter Z1 Fi 2

 

Setelah sebulan dua bulan lama-kelamaan gatel juga pingin tes ni motor, kebetulan MB juga mau beli aki motor. Pertama kali naik dan menghidupkan kunci kontak feelnya sama dengan bebek Yamaha lain. Setelah motor melaju di jalan raya terdengar sayup-sayup suara “nguing” mengikuti putaran mesin khas motor injeksi. Posisi kemudi tidak terlalu tegak bikin gatel pengen pecicilan..razz.

Seperti yang sudah MB duga untuk akselerasi gigi 1 gigi 2 mirip-mirip dengan Vega R lumayan cepat. Bedanya pas pindah ke gigi tiga, dengan bukaan gas hampir full (kurang seperempat lagi) jarum spedometer mencapai kecepatan 90 Kmph. Pas mau naik ke gigi 4 sayang didepan jalan mulai banyak kendaraan rada macet, dengan berat MB yang sekitar 70 Kg (lebih) kemungkinan sih masih bisa mencapai top speed sekitar 110-an di gigi 4.

Kesimpulannya soal performa mesin MB ga ada komplain, untuk mesin kelas 115 cc lumayan jozz.. Pernah juga boncengan berdua dengan adik MB yang ndut waktu nyari motor seken dalam keadaan jalan nanjak pake gigi 4 kecepatan 70 Kmph ga ada masalah ngeden atau apapun tetap jozgandozz.. Untuk konsumsi bahan bakar juga lumayan irit, denger-denger Yamaha Jupiter Z1 Fi ini pernah menjadi motor bebek teririt tahun 2012 versi Motorplus.

spesifikasi Yamaha Jupiter z1 fi

Spesifikasi mesin Yamaha Jupiter z1 Fi

 

 

 

Iklan

3 pemikiran pada “Yamaha Jupiter Z1 Fi bebek irit larinya ngibrit..

  1. Ping balik: Pengalaman naik motor dipepet dua rider cewek. | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Beli dan ganti aki sendiri? | MOTORBLITZ

  3. Ping balik: Motor matic di mata cewek remaja 20 tahun. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s