Auto rear fender, spakbor belakang motor otomatis bisa buka tutup sendiri (part 1).

lent automodified makasar

 

Rear fender atau spakbor belakang motor memang kadang bikin dilema, dipasang seperti kurang enak dilihat, dicopot juga salah dan bisa jadi kalau ada razia motor pun bisa kena tilang. Yup, hampir seperti yang pernah diceritakan di sini antara estetika dan fungsi memang kadang gak sejalan, termasuk masalah spakbor ini. Solusinya agar keduanya bisa sejalan spakbor harus bisa disesuaikan.

Maksud dari bisa disesuaikan spakboard yang sejatinya berfungsi untuk mengurangi cipratan air terutama musim hujan akan bisa terbuka sendiri, dan pada waktu musim kemarau atau tidak terkena cipratan air akan bisa menutup sendiri. Mungkin bisa diilustrasikan seperti ini :

automatic-rear-fender-for-m

 

Atau untuk lebih jelasnya bisa di lihat videonya disini —-> http://m.youtube.com/watch?v=rwLsbGaDpfU

 

Jika Bro & Sis memperhatikan gerakan spatbor di atas, baik gerakan buka dan tutup setidaknya ada 3 gerakan yang bertumpu di tiga poros yaitu poros bagian atas (P1), poros bagian tengah (P2), dan poros bagian bawah (P3) :

poros spakboard otomatis

 

Agar ketiga poros tersebut bisa bergerak buka tutup perlu di pasang 3 buah dinamo atau motor listrik kecil di masing-masing poros tersebut (DA, DT, DB), untuk penempatannya bisa digambarkan seperti ini :

auto fender Keterangan

Seperti yang terlihat di gambar atas, dinamo atas (DA) berfungsi untuk mengerakan bagian atas spakbor (BA), dinamo tengah (DT) untuk bagian tengah (BT), dan dinamo bawah (DB) untuk menggerakan bagian bawah spakbor (BB).

Ketika salah satu dinamo berputar pastinya dinamo harus bisa berhenti dan hidup sendiri menurut bagiannya masing-masing. Jadi untuk rincian langkahnya ketika spakbor dalam kondisi terbuka dan ingin menutup :

DA akan berputar sehingga bagian atas spakbor (BA) akan menutup terlebih dahulu.

Setelah BA tertutup dan mentok di bagian buritan motor DA berhenti dan bersamaan dengan itu DB berputar yang membuat BB menutup dan seterusnya BT akan menutup ketika BB mentok.

Pertanyaannya, siapa yang bertugas mengatur DA, DT, dan DB berputar dan berhenti ketika BA, BT, BB spakbor menutup? jawabannya nanti MB akan coba jelaskan di artikel selanjutnya..

Bersambung..

005

Iklan

5 pemikiran pada “Auto rear fender, spakbor belakang motor otomatis bisa buka tutup sendiri (part 1).

  1. Ping balik: Auto rear fender, spakbor belakang motor otomatis bisa buka tutup sendiri (Part 2). | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Cara membuat Armadillo Bottom Fender dari barang bekas. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s