Headlamp lampu LED vs Halogen, mana yang lebih bagus dan terang?

headlamp led motor

Bro & Sis, kalau kita perhatikan kendaraan yang melintasi jalan raya sekarang ini sepertinya makin banyak yang menggunakan headlamp atau lampu depannya dengan lampu LED, bahkan untuk kendaraan keluaran terbaru terutama sepeda motor dari pihak produsen sudah menggunakan lampu original berjenis LED. Hal ini bisa jadi karena sekarang ini selera konsumen mulai berubah lebih menyukai lampu LED daripada lampu bulb atau lampu bohlam biasa. Terlebih dengan adanya peraturan lalulintas yang mewajibkan pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampu utama di siang hari tentunya headlamp LED ini akan diterima atau bahkan disambut dengan baik oleh konsumen. Yup, headlamp LED ini diklaim lebih hemat energi sehingga accu lebih awet dan tidak gampang tekor, selain itu lampu LED diklaim lebih awet daripada lampu bohlam. Namun yang jadi pertanyaan seberapa efektif lampu LED ini untuk penerangan di malam hari, apakah lampu LED lebih terang daripada lampu bohlam?

halogen

 

Untuk jenis lampu bohlam sebenarnya ada sebuah jenis bohlam yaitu tipe halogen yang sinarnya lebih terang dari lampu bohlam biasa. Halogen ini sudah digunakan sejak dulu di mobil dan beberapa jenis motor sport. Nah kira-kira bagaimana kalau Headlamp LED dan Halogen ini diadu, yang mana ya Headlamp LED apa Halogen yang lebih baik dan lebih terang?

Yang pertama seberapa jauh daya jangkau Headlamp LED vs Halogen :

Led Headlamp vs Halogen 3Led Headlamp testHalogen Headlamp test

 

Jika bro & Sis perhatikan dari ketiga gambar di atas sinar lampu LED terlihat lebih cerah daripada halogen, namun daya jangkau lampu halogen lebih jauh daripada lampu LED. Tidak cukup dengan percobaan di atas percobaan kedua dilakukan dengan obyek yang bergerak yaitu orang yang sedang berlari.

Led Headlamp vs Halogen 2dLed Headlamp vs Halogen 2cc

 

Dilihat dari hasilnya dengan jarak yang sama obyek masih terlihat dengan lampu halogen. Selanjutnya percobaan ketiga dilakukan dengan jarak dekat dan terlihat lampu halogen lebih fokus dan lebih terang daripada lampu LED :

Led Headlamp vs Halogen 2b

 

Dari beberapa komparasi atau perbandingan antara lampu LED dan Halogen tadi bisa disimpulkan kekuatan lampu LED dalam menerangi obyek sebenarnya lebih rendah hampir sebanding dengan power yang dikonsumsinya. Cahaya lampu led tampak terang menerangi obyek karena sifat cahayanya sendiri yang berwarna putih, namun sayangnya karena sifat warnanya tersebut lampu LED tampak menyilaukan jika digunakan untuk headlight.

Led Headlamp vs Halogen 2t

 

Sedangkan kekuatan cahaya lampu halogen lebih besar dan memang dalam konsumsi listrik halogen lebih besar daripada lampu LED. Cahaya lampu Halogen terlihat lebih soft karena warna cahayanya yang nampak sedikit kekuningan, namun karena sifat warnanya tersebut halogen lebih mudah menembus obyek di jalanraya yang penuh dengan noise seperti debu, kabut, dan asap kendaraan bermotor.

Last sebenarnya potensi headlamp dengan lampu LED masih bisa untuk dikembangkan dalam menutupi kekurangan-kekurangannya terutama sinarnya yang terlihat menyilaukan oleh pengguna jalan lain, karena memang memasang lampu LED di headlamp ini perlu rancangan yang lebih khusus agar cahayanya lebih fokus, agar lebih fokus ini perlu digunakan sebuah cermin cembung atau reflektor khusus yang biasanya lebih cekung daripada reflektor lampu bohlam.

Led Headlamp vs Halogen 2r Led Headlamp vs Halogen 2s

`

`

`

`

`

Image credit & referensi :
-m.youtube.com/watch?v=hRqxTl4rxlg
-myoutube.com/watch?v=Q4f0eSmOn4g

7 pemikiran pada “Headlamp lampu LED vs Halogen, mana yang lebih bagus dan terang?

  1. artikel yg bermanfaat n setuju. gw lebih suka lampu halogen dr pd led. halogen cahayanya bisa 2 arah, jauh n deket sedangkan kl led ga bs 2 arah, hanya menambah terang dan fokus aja. itu yg saya alami di motor. halogen mampu tembus ujan, jalanan becek sehingga tau antara jalan lobang yg tergenang air atau enggak, tembus debu, tembus kabut, cahaya lebih fokusdan jauh dibandingkan led kl di adu lewat jalan tengah hutan or kebon. buktikan aja sendiri kl gak percaya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s