Cara ganti accu atau aki Honda Beat.

aki gs beat

 

Resiko beli motor seken kadang ada saja masalahnya terutama masalah di accu atau aki yang sering tekor, sama halnya yang terjadi di Honda beat yang dibeli beberapa bulan yang lalu. Honda beat tipe karbu keluaran 2009 ini ketika distarter cuma terdengar suara cetak-cetok namun mesin tidak mau hidup, apalagi penyebabnya kalau bukan akinya yang tekor. Mungkin penyebabnya karena motor pemilik Honda Beat ini cewek dan seringkali menggunakan starter. Kalau aki tekor gini pastinya bikin was-was & jadi repot kalau kapan waktu mesin mati di tengah jalan. Mau gak mau harus diganti nih, kira-kira tipe apa ya aki untuk Honda Beat ini?

Untuk melihat tipe accu Honda Beat karbu gampang banget Bro & Sis. Pertama kita buka dulu jok dan buka tutup bagasi.

buka bagasi (2)

 

Buka juga tutup di bagian bawah bagasi.

buka bagasi

 

Setelah terbuka baru terlihat letak aki Honda Beat, selanjutnya buka kedua baut terminal accu dengan obeng (+) atau jika susah bisa dengan menggunakan kunci inggris.

buka baut aki

 

Angkat perlahan-lahan aki dari tempatnya dan terlihat aki Honda Beat ini adalah aki GS tipe GTZ5S dengan tegangan 12v dan daya sekitar 3A.

accu honda beat 3 amper

 

Selanjutnya segera MB cari tipe aki GS tipe GTZ5S atau tipe lainnya dari aki Honda Beat tersebut. Di depan pelayan toko MB ditawari dua pilihan yaitu aki Yuasa YTZ4V seharga 175 ribu dan untuk aki GS (entah tipe apa) seharga 180 ribu. Kalau dilihat dari ukuran fisik maupun spesifikasi baik aki GS tipe GTZ5S maupun Yuasa YTZ4V sepertinya sama, keduanya pun sama-sama jenis aki MF (maintenance Free). Aki MF ini sebenarnya aki basah namun bebas perawatan dan setelah menimbang-nimbang akhirnya pilihan jatuh pada aki Yuasa.

harga aki honda beat

 

Setelah dibawa pulang di dalam bungkus aki Yuasa YTZ4V ini terdapat satu botol cairan elektrolit (air aki zuur) dan sepasang mur dan baut).

isi paket aki mf beat

 

Sekedar untuk perbandingan fisik baik aki Yuasa YTZ4V maupun aki GS GTZ5S Bro & Sis bisa lihat di bawah ini.

aki gs gtz5s

 

Untuk bisa digunakan di sepeda motor aki baru ini harus diisi dulu, caranya pertama-tama lepaskan pelindung aluminium warna merah di atas lubang accu.

buka pelindung almunium lubang accu

 

Lalu pisahkan tutup aki warna hitam dari botol warna putih yang berisi cairan.

paket aki mf yuasa

 

Setelah itu balikan botol dan letakan keenam tutup botol yang diatasnya dilapisi almunium tersebut tepat di enam buah lubang accu. Agar 6 tutup aluminium tersebut robek tepuk-tebuk bagian atas botor, kalau tutup aluminium robek air aki akan masuk ke body accu.

isi aki

 

Tepuk atau tekan lagi bagian atas botol sampai seluruh air dalam botol masuk ke body accu. Setelah masuk semua, angkat botol dan tutup accu dengan tutup accu warna hitam tadi.

tutup accu warna hitam

 

Tekan lagi hingga seluruh tutup accu masuk.

tutup aki

 

Sekarang tinggal pasang ke motor, tapi jagan lupa masukan dulu mur ke dalam dua ubang terminal accu.

pasang mur

 

Langkah terakhir tinggal tempelkan kedua lempengan besi kabel positif dan negatif (positif terlebih dahulu) lalu kencangkan baut.

buka terminal aki

 

Selesai dan sekarang starter motor bisa langsung digunakan, untuk lebih jelasnya langkah-langkah khususnya tentang cara pengisian accu dengan cairan dalam botol Bro & Sis bisa lihat di gambar ini :cara isi aki mf

 

Jangan lupa masukan kembali botol dan accu bekas tadi ke dalam kardus dan simpan di tempat yang aman.

selesai

 

Oiya, mengenai tipe dan harga aki untuk motor yang lainnya Bro & Sis bisa di lihat di sini —> Beli dan ganti aki sendiri?

Iklan

3 pemikiran pada “Cara ganti accu atau aki Honda Beat.

  1. Petunjuk di atas,,,itu termasuk aki kering ato basah???
    Alnya taun kmaren,,sy beli spt itu & org bengkel bilang aki kering,,tp kok pake air aki jg,,pesis spt petunjuk. Klo udh ga ada listriknya,,apa bisa di ganti cairannya ato udh ga bsa di gunakan lg bro????

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s