Losail Qatar 2015 MotoGP, duel Yamaha dan Ducati.

ducati losail motogp march 2015
MotoGP 2015 tanggal 30 Maret kemarin menciptakan sebuah moment yang tak terlupakan bagi team Yamaha dan Ducati. Sejak persiapan start dua pembalap Ducati Andrea DOVIZIOSO dan Andrea IANNONE memang menempati posisi yang bagus, Andrea DOVIZIOSO bertengger di baris pertama dan Andrea IANNONE ada di baris kedua. Masih di baris pertama di samping Andrea DOVIZIOSO bertengger pula dua pembalap Honda Dani PEDROSA dan Marc MARQUEZ . Ada juga Yonny HERNANDEZ di samping Andrea IANNONE yang sama-sama menggunakan motor Ducati dan sama-sama menempati posisi start kedua bersama Jorge LORENZO Yamaha. Di baris ketiga dua pembalap Yamaha yaitu Bradley SMITH dan Valentino ROSSI  bersiap-siap ditemani pembalap ducati Danilo PETRUCCI.


Aba-aba start pun dimulai Andrea DOVIZIOSO meluncur ke depan diikuti Andrea IANNONE di posisi kedua, Jorge LORENZO ketiga dan Marc MARQUEZ keempat. Memasuki tikungan pertama Marc MARQUEZ  berbelok melebar ke luar jalur hingga tertinggal dan menempati posisi hampir paling belakang. Di pertengahan lap 22/22 Marc MARQUEZ  berusaha menyusul dan hampir saja menyenggol pembalap lainnya, namun akhirnya dia berhasil menempati posisi 14.

motogp 2015 (2)
Memasuki lap 21/22 masih Andrea DOVIZIOSO memimpin di depan diikuti oleh Jorge LORENZO kedua, dan Andrea IANNONE ketiga. Ketiganya bertarung berdempetan paling depan dan memberi gap sekitar 8-10 meter dengan pembalap di belakangnya.
Di lap 20/2 Jorge LORENZO berhasil menyalip Andrea DOVIZIOSO dan memimpin di depan.
Lap 19/22 Jorge LORENZO masih di depan diikuti oleh Andrea DOVIZIOSO kedua, Andrea IANNONE ketiga, Yonny HERNANDEZ keempat, Dani PEDROSA lima, dan Valentino ROSSI keenam.
Hingga lap 17/22 posisi pertama masih belum berubah Jorge LORENZO masih di urutan pertama, Andrea DOVIZIOSO kedua, Andrea IANNONE ketiga namun yang mencengangkan, Valentino ROSSI yang tadinya berada di urutan kedelapan berhasil menempati posisi keempat walaupun masih berjarak sekitar 10 meter di belakang pembalap ketiga.
Masuk di lap 15/22 Jorge LORENZO mulai keteteran menghadapi Andrea DOVIZIOSO di track lurus, motor Ducati Andrea DOVIZIOSO meluncur dengan cepatnya menyusul LORENZO. Namun efeknya ketika memasuki tikungan motor Ducati Andrea DOVIZIOSO sedikit melebar di tikungan dan LORENZO pun berhasil menyalip kembali.
Sayang bagi Jorge LORENZO di lap 14/22 dalam adu speed dan skill masuk dan keluar trek lurus ini akhirnya Andrea DOVIZIOSO berhasil mempertahankan posisinya memimpin di depan. Sementara itu Valentino ROSSI yang ada di posisi keempat semakin dekat dengan pembalap urutan 3 Andrea IANNONE.

lorenzo losail qatar motogp 2015
Memasuki lap 12/22 Jorge LORENZO yang ada di posisi kedua kembali keteteran di track lurus bahkan pembalap urutan 3 Andrea IANNONE juga berhasil menyalipnya, namun memasuki tikungan LORENZO berhasil menyalip kembali  Andrea IANNONE.
Di Lap 11/22 Valentino ROSSI mulai menekan Andrea IANNONE dan hamper berhasil menyalipnya. Usaha ROSSI akhirnya tidak sia-sia, memasuki lap 10/22 ROSSI menempati posisi ketiga di depan Andrea IANNONE.
Lap 10/22 scenario di track lurus pun untuk ketiga kalinya kembali terjadi, dan hasilnya LORENZO di depan,  Andrea DOVIZIOSO kedua, dan ROSSI ketiga.
Ketika memasuki lap 9/22 posisi Jorge LORENZO, Andrea DOVIZIOSO, Valentino ROSSI mulai menjauh hingga beberapa meter dengan Andrea IANNONE. Ketiganya bertarung dengan sengitnya hingga lap 5/22 dengan posisi bergantian. Duo pembalap Yamaha ini seperti menekan Andrea DOVIZIOSO yang berada paling depan.
Performa  Jorge LORENZO di lap 3/22 seperti menurun, gosipnya mungkin karena ada bagian helm yang mengganggu pandangannya dan akhirnya pembalap Andrea IANNONE berada di posisi tiga dan Jorge LORENZO di posisi keempat.

helm lorenzo losail qatar motogp 2015

Berbanding terbalik dengan Jorge LORENZO, Valentino ROSSI kembali menekan hingga menempati urutan kedua di belakang Andrea DOVIZIOSO. Di lap 2/22 aksi Valentino ROSSI makin menggila, seperti diladeni Andrea DOVIZIOSO tidak mau kalah dan aksi salip-menyalip dengan jarak pendek di tikungan setelah track lurus begitu menegangkan.
Memasuki lap terakhir Valentino ROSSI masih di depan dan melaju dengan cepat di track lurus. Motor Ducati Andrea DOVIZIOSO pun tidak kalah cepatnya bahhkan lebih cepat, penggunaan Soft tire dan winglet atau semacam sayap di bagian bawah fairing juga upgrade Mesin Ducati yang ditunggangi Andrea DOVIZIOSO makin menggila. Valentino ROSSI yang mengetahui  garis finish mulai dekat berusaha berakselerasi keluar masuk tikungan dengan cepat, hingga di tikungan terakhir menuju garis finish ROSSI seperti tidak memberikan kesempatan Andrea DOVIZIOSO menyalip memacu Yamaha M1 sekencang-kencangnya.
Dan akhirnya race MotoGP Qatar Maret 2015 ini dimenangkan oleh Valentino ROSSI, tempat kedua Andrea DOVIZIOSO, dan ketiga Andrea IANNONE. Selengkapnya Bro & Sis bisa lihat data di bawah ini :
hasil motogp 2015 losail qatar

Dilihat dari hasil di atas Mark Marquez yang dominan selalu di urutan pertama dalam sesi latihan ternyata hasilnya diluar dugaan karena kurang beruntung di awal lap, posisi Pedrosa yang sedang berada di depan Marquez yang harusnya mampu bersaing pun tidak mampu berbuat banyak. Ditambah kabar terakhir tentang Dani Pedrosa, banyak yang mengatakan Pedrosa sakit akibat cidera di tangannya dulu sekarang ini mulai kambuh dan sakit di tangannya ini semakin terasa ketika mengikuti race di Losail Qatar kemarin. Kabar selanjutnya kemungkinan Dani Pedrosa akan diganti pembalap lain.
Kesimpulannya memang selama Race MotoGP 2015 di Losail Qatar aksi pembalap-pembalap muda patut diacungi jempol, akan tetapi dalam lomba MotoGP di Sirkuit Losail Qatar ini tidak cukup dengan keberanian dan ada juga faktor keberuntungan. Terlihat pengalaman dan mental dalam pertarungan kali ini benar-benar di uji dan Valentino ROSSI telah membuktikannya.

ValeYellow46 (4) ValeYellow46 flashscore ValeYellow46 (3)

 

Artiket terkait :

Detail photo dan spesifikasi New YZR-M1 Yamaha Movistar Livery MotoGP 2015.

Gallery photo dan spesifikasi Honda RC213V versi 2015 MotoGP.

MotoGP 2015 akankah lebih kompetitif dari tahun lalu?

Intip Ruang Labs Suzuki di Ryuyo Japan dalam menyempurnakan GSX-RR MotoGP 2015.

 

 

Image credits & referensi tulisan :
-m.facebook.com/motogp
-m.facebook.com/groups/208546979183752
-twitter.com/YamahaMotoGP
-twitter.com/ValeYellow46

Iklan

3 pemikiran pada “Losail Qatar 2015 MotoGP, duel Yamaha dan Ducati.

  1. Ping balik: Hasil kualifikasi MotoGP 2015 Austin Texas, Marquez masih beringas. | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: MotoGP 2015 Argentina, detail insiden Marquez crash, Marquez akan membalasnya? | MOTORBLITZ

  3. Ping balik: Hasil race MotoGP Le Mans 2015, Duo Yamaha Kembali beraksi. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s